MY BLOG

A m a t e u r B l o g Y a n g d i K e m b a n g k a n S e c a r a K e t i d a k S e n g a j a a n radiradintan@yahoo.com

Selasa, 11 Oktober 2011

Kasus Pemanfaatan Sosial Media yang Beredar Saat Ini

Media sosial seperti virus yg dapat menyebar dengan cepat, media sosial juga sudah menulari brand2 yang dulunya belum berminat untuk memaksimalkan media sosial. Semakin banyak brand yang masuk ke media sosial. Bayangkan saja, sekarang banyak brand yg melakukan promosi & pemasaran via facebook, twitter, dll. Hal ini disebabkan meledaknya penggunaa media sosial, dan perusahaan tidak mau menyia-nyiakan peluang ini untuk mengambil target pasar. Bahkan banyak juga brand yang membentuk departemen tersendiri untuk memaksimalkan media sosial ini. Melalui media sosial ini juga dapat dibangun relationship antara brand dan pelanggan & target pasar. Brand-brand semakin menyadari bahwa mereka dapat meakukan interaksi aktif dengan pelanggan melalui media sosial. Brand bisa mengobservasi apa saja yg menjadi keinginan dan kebutuhan pasar, untuk emudia menjawabnya dengan produk/layanan yg sesuai. Bayangkan berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan oleh brand tersebut jika mereka harus melakukan riset yanpa bantuan media sosial. Media sosial berkembang sangat pesat, mulai dari yang sifatnya kmunikasi(social networking, blog, forum,) kolaborasi (wiki, social boormaking) multimedia (audio video sharing, photo) hingga hiburan (game online) emua berkembang dengan pesat Facebook, Koprol, Twitter, Plurk menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari di dunia maya.


Pendapat saya untuk melakukan pembelian barang lewat media social :

- jika ingin membeli barang sebaiknya cari asal-usul toko tersebut. Seperti misalnya di kaskus, check pada bagian bawah apakah banya orang yang menjadikan sang penjual menjadi recommanded seller.

-Kalau mau beli barang lewat media social usahakan check harga pasaran terlebih dahulu, jangan terlalu jauh dari harga pasaran, karena barang tersebut belum tentu bisa dijamin keaslian produknya maupun penjualnya, walaupun barang sudah di tempat, tetapi barang kurang terjamin kualitasnya hasilnya seperti yang tidak diharapkan.

Pendapat yang lain :

penjualan / berdagang mengguanakan media social memiliki beberapa keuntungan diantaranya, apabila orang memiliki relasi yg menjadi distributor suatu produk yang ingin diperdagankan maka dapat menggunakan sistem penjualan pre order atau ready stock, jadi sang penjual tidak harus mengeluarkan bnyak biaya untuk menyetor barang, keuntungan yang lainnya adalah dengan tidak perlu biaya yg cukup besar juga dan memikirkan biaya untuk menyewa gedung untuk berjualan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar