MY BLOG

A m a t e u r B l o g Y a n g d i K e m b a n g k a n S e c a r a K e t i d a k S e n g a j a a n radiradintan@yahoo.com

Senin, 17 Maret 2014

Konsep Interface

Konsep Interface

Interface adalah jenis khusus dari blok yang hanya berisi method signature(atau constant). Interface mendefinisikan sebuah (signature) dari sebuah kumpulan method tanpa tubuh.
Interface mendefinisikan sebuah cara standar dan umum dalam menetapkan sifat-sifat dari class-class. Mereka menyediakan class-class, tanpa memperhatikan lokasinya dalam hirarki class. Untuk mengimplementasikan sifat-sifat yang umum. Dengan catatan bahwa interface-interface juga menunjukan polimorfisme, dikarenakan program dapat memanggil method interface dan versi yang tepat dari method yang akan dieksekusi tergantung dari tipe object yang melewati pemanggil method interface.
Interface kita gunakan jika kita ingin class yang tidak berhubungan mengimplementasikan method yang sama. Melalui interface-interface, kita dapat menangkap kemiripan diantara class yang tidak berhubungan tanpa membuatnya seolah-olah class yang berhubungan.
Ciri-ciri dari interface adalah sebagai berikut..
§  Method interface tidak punya tubuh, sebuah interface hanya dapat mendefinisikan konstanta dan interface tidak langsung mewariskan hubungan dengan class istimewa lainnya, mereka didefinisikan secara independent.
§  Tidak bisa membuat instance atau objek baru dari sebuah interface.
§  Ciri umum lain adalah baik interface maupun class dapat mendefinisikan method. Bagaimanapun, sebuah interface tidak punya sebuah kode implementasi sedangkan class memiliki salah satunya.
public interface [InterfaceName]
{
//beberapa method tanpa isi
}
public interface RemoteAllInOne
{
public void pindahChannel(int channel);
public void perbesarVolume(int kpsts);
public void perkecilVolume(int kpsts);
public void perkecilZoom(int kpsts);
public void perbesarZoom(int kpsts);
}
sumber: http://tentangjava.wordpress.com/2012/05/20/konsep-interface/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar